Barang Anda Hilang di JNE? Begini Mengurusnya!

Bagi Anda yang sering menggunakan jasa pengiriman yang satu ini, pasti ingin tahu bagaimana cara klaim barang hilang JNE bila sewaktu-waktu hal yang tidak diinginkan itu terjadi. Anda tidak perlu pusing karena kali ini kami akan memberikan seputar informasi bisnis JNE dan tips cara mengurus klaim barang hilang yang dikirim menggunakan jasa JNE. Berikut ulasannya!
Prospek Bisnis JNE
JNE adalah bisnis pengiriman barang yang terus mengalami peningkatan agen setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan, untuk ikut ambil bagian sebagai agen pengiriman JNE, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Anda hanya perlu menyediakan dana sebesar Rp 3,5 juta sebagai modal dan menyetor Rp 5 juta untuk jaminan.  Kegunaan modal awal tersebut adalah untuk menyediakan segala bentuk perlengkapan bisnis JNE dari kantor pusat. Sedangkan dana jaminan tersebut akan dikembalikan bila kontrak Anda dengan JNE  telah habis masa berlakunya.

Nah, bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis jasa pengiriman barang yang satu ini, perlu membaca beberapa keuntungan yang akan diperoleh untuk semua layanan JNE seperti: layanan regular, YES, SS, dan Paket International.

  • JNE akan memberikan bagi hasil sebesar 22% untuk Agen yang mampu meraih omset Rp 5 juta/bulan.
  • JNE akan memberikan bagi hasil sebesar 27% untuk Agen yang mampu meraih omset di atas Rp10 juta/bulan.
  • JNE akan memberikan komisi sebesar 15%  untuk penjualan product OKE.
  • JNE akan memberikan komisi sebesar 10% untuk penjualan product TRUCKING.
Aturan Main Klaim Penggantian Barang JNE
Berbisnis tentu memiliki resiko. Salah satu resiko yang mungkin saja terjadi dalam bisnis pengiriman barang adalah resiko kerusakan atau kehilangan. Nah, bagi Anda yang sedang berurusan dengan tuntutan ganti rugi atas kerusakan maupun kehilangan barang dengan perusahaan JNE, sebaiknya anda membaca dua hal berikut:

1. JNE HANYA akan mengganti barang yang hilang dengan penghitungan 10x biaya kirim. Jadi, disini tidak ada pengaruh harga barang yang anda kirim. Meski barang yang hilang berharga sangat mahal sekalipun, penggantian yang diberikan JNE hanya sebesar biaya pengiriman barang saja.

2. Untuk penggantian barang yang harganya jauh lebih kecil dari biaya 10 x pengiriman, maka penggantian yang dilakukan JUGA sebesar harga barang yang dikirim tersebut. Jadi, dalam kasus ini, harga barang yang Anda kirim tidak akan mengalami penurunan, alias Anda tidak akan dirugikan seperti pada kasus pertama di atas.

Sebagai catatan tambahan, pembayaran ganti rugi yang dilakukan oleh JNE hanya mengikuti harga pengiriman terendah. Misalnya, pengiriman paket dari Kota A ke Kota B terdiri dari dua jenis harga, maka penggantian yang akan dilakukan nantinya adalah mengikuti harga terendah dikalikan 10. Konkritnya, bila Anda mengirim paket dari Papua ke Aceh dengan biaya pengiriman Rp 100 ribu-Rp 175 ribu, maka bila barang tersebut rusak atau hilang, penggantian yang dilakukan JNE adalah 10 x Rp 100 ribu saja. Sebab, di sini biaya pengiriman terendah adalah Rp 100 ribu.

Asuransi JNE
Tentu dari dua peraturan JNE di atas akan menimbulkan konsekuensi. Bisa jadi pada kasus pertama, Anda akan sangat dirugikan bila barang yang hilang ternyata memiliki harga yang sangat mahal. Namun pada kasus kedua, jelas anda tidak akan dirugikan. Oleh karena itu, JNE ingin menjembatani kedua kemungkinan tersebut dengan memberikan asuransi pengiriman JNE. Biasanya, di setiap kantor / agen JNE, akan tertulis pemberitahuan  yang berbunyi “ setiap barang yang nilainya lebih dari 10 kali ongkos kirim, mohon diasuransikan”! Atau barangkali sebelum anda mengirim paket, ada petugas yang menanyakan jenis dan harga barang yang akan dikirim. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi kemungkinan bila sewaktu-waktu barang tersebut rusak atau hilang.

Persyaratan Pengajuan Klaim Ganti Rugi Asuransi JNE
Bila sewaktu-waktu Anda harus berurusan dengan JNE perihal ganti rugi barang yang telah dikirimkan, maka Anda perlu mempersiapkan beberapa dokumen pendukung sebagai berikut.
  1. Surat pernyataan kehilangan/kerusakan (tercakup di dalamnya informasi lengkap jenis barang, harga, tujuan pengiriman, tanggal pengiriman, nama orang yang mengirim dan detil lainnya).
  2. Fotokopi Kartu Identitas.
  3. Menujukkan bukti pengiriman resi. Resi yang akan diserahkan adalah resi yang asli, dan sebagai pegangan untuk anda adalah yang telah difotokopi.
Penyerahan beberapa dokumen tersebut dilakukan selambat-lambatnya dalam waktu 14 hari sejak kasus kehilangan/kerusakan terjadi.  Perlu diingat bahwa ekspedisi pengiriman barang berupa senjata dan bahan kimia biasanya akan dilakukan oleh JNE melalui paket pengiriman darat/laut. Namun, cara klaim barang hilang JNE melalui paket darat tersebut tetap sama seperti prosedur umumnya sebagaimana telah diuraikan di atas.

Komentar

  1. barang saya tidak juga kunjung sampai ke rumah udh hmpir 1 bulan kuarang,, saya jg sudah menelpon pihak JNE tapi lum ada respon yang diterima.. gimana solusinya??

    BalasHapus
  2. percuma mbak,pasti sll byk alasan dr pihak JNE

    BalasHapus
  3. Saya mengirim barang tp kata konsumen saya barang tak kunjung datang padahal sudah lebih 1minggu saya cek ternyata petugasnya salah nulis alamat, dia tdk mw tanggung jawab, gimana ini solusinya?

    BalasHapus
  4. Aku kirim barang tp alamat nya nyasar padahal uda tak tulis lengkap dan pihak jne yg ngurusin barang ku gak ada tanggung jawabnya? Solusinya gimana ini gan?

    BalasHapus
  5. Saya beli barang packing robek dan ternyata ada barang sy yg hilang..solusinya gmn

    BalasHapus
  6. saya juga pernah ngalamin hal yg kurang menyenangkan yang berurusan dengan JNE. Jadi ada kurir yang datang ke alamat saya , dia cerita kalau di cabang barang saya baik baik saja. namun setelah sampai di alamat, barangnya BOCOR!!! terus kurirnya bilang "Mau di Tolak aja barangnya?" saya bilang "iya di tolak aja, bocornya parah gitu". terus kurirnya minta kresek ya saya kasih. nah setelah ditunggu beberapa hari yang katanya pihak admin akan menelpon ternyata ga ada juga. saya cari solusi dengan menelpon JNE pusat, dan setelah saya tlp katanya di laporan kalau alamat saya ga jelas. hahaha konyol ya ? terus yang ketemu saya tempo hari siapa ? hantu :D

    BalasHapus
  7. jne makin gak jelas,,,,memang petugasnya selalu banyak alasan

    BalasHapus
  8. Betul sekali, tanggal 22 saya kirim barang YES barang salah alamat, rusak, disuruh klaim sampai detik ini ga ada kejelasan...lucunya pas di demo katanya berkasnya ga ada...GILA GAK TUH..ngingetin aja,kirim mening pake yang lain, TIKI ke atau POS aja masih gampang klaim nya ketimbang JNE Setan

    BalasHapus
  9. BARANG SAYA HILANG DI JNE, (PENGIRIMAN DARI SURABAYA KE MALANG)
    SUDAH KOMPLAIN & MENGISI FORM KEHILANGAN, TAPI BELUMA ADA TINDAK LANJUT DARI KANTOR PUSAT JNE.

    BAGIMANA INI???
    BARANG SAYA HILANG!!!

    BalasHapus
  10. Untuk alamat penerimaan di daerah kota seperti saya, saya rasa dalam proses pengiriman selalu lancar. Namun yang bikin kesel, terkadang suka salah kirim, JNE kurang teliti dalam menyerahkan paket. Lebih parahnya, si penerima palsu asal terima paket dan tidak ada niatan mengembalikan barang. duh duh semoga JNE lebih teliti deh dalam menyerahkan paket ke orang yang seharusnya. kebetulan paket yang sering salah kirim berawal dari INBOUND STATION [TANGERANG, HUB NEGLASARI].

    BalasHapus
  11. Untuk JNE kalo bisnis yang bener dong,
    kejadian saya. barang saya hilang di JNE katanya mau di ganti tapi sampai sekarang tidak di kunjung di ganti2 dengan berbagai alasan. yang merugikan konsumen.
    mending tutup aja woy kalau gitu caranya

    BalasHapus
  12. saya ada kejadian serupa.
    saya mengirimkan barang dr surabaya k jakarta dengan kelengkapan alamat yang SANGAT JELAS, tetapi barang dikirimkan ke alamat lain dan diterima oleh orang yang tidak bersangkutan.
    JNE menjanjikan akan melakukan investigasi dalam kurun waktu 4-6 hari, tapi yg dihasilkan dlm kurun waktu tersebut adalah NIHIL.
    Ketika saya hubungi bahwa saya meminta prosedur klaim barang hilang, tapi oleh pihak JNE hanya menjawab seperti radio rusak akan mengkonfirmasi kembali, tapi saya tunggu hingga 2 hari lamanya sama sekali tidak ada usaha dari pihak JNE untuk melakukan konfirmasi ke saya.
    DIMANA PERTANGGUNG JAWABAN JNE????!!!
    LAYANAN PENGIRIMAN MACAM APA INI?????!!!!!!
    GAK CS GAK LAYANAN CLAIM GAK BEKERJA SECARA PROFESIONAL.
    DALAM KASUS INI SAYA SEBAGAI PIHAK PENGIRIM BENAR2 MERASA DIRUGIKAN KARENA SAYA TIDAK MELAKUKAN KESALAHAN APAPUN BAIK DARI PENULISAN ALAMAT DAN NO.TELP TETAPI MENGAPA PAKET BISA SALAH DIKIRIMKAN????!!!!!!!

    BalasHapus
  13. saya juga ngalamin barang hilang di jne....entah dia salah kirim alamat ato gimana....ngakunya sudah dikirim dan diterima security alamt tertuju,,,,tp info pembeli gak ad security yg bernama spt yg diinfokan jne. jne juga gak bisa kasih bukti tanda tangan si penerima,,,,padahal saya kasih alamatnya sudah jelas,,,,jenapa kurir jne gak telpon si penerima dulu yah....lah sekarang barang hilang main ganti cuma 10xongkir, pdhl nilai barang jauh diatas nilai kirim 10xongkir,,,,harusnya jne ad ketentuan barang hilang kenapa,,,,smisal keclakaan ato gimana kami bisa mengerti lah memang gak pake asuransi...lah ini ngakunya sudah dikirim tapi gak bisa kasih bukti ttd diterimanya....

    BalasHapus
  14. Bapak Herman yang terhormat,

    Mohon maaf atas ketidaknyamanannya yang dialami. Sehubungan dengan status pengiriman 011010353099817 yang Bapak Herman sampaikan, dapat kami informasikan status kiriman tersebut pada tanggal 30 September 2017 sudah proses pengantaran. Namun, untuk status terakhir kiriman masih harus kami investigasi terlebih dahulu ke pihak terkait dengan nomor laporan CAS-5267595-H2R9V3. Proses penyelesaian laporan yaitu 4 hari kedepan setelah tanggal laporan (tidak terhitung dihari Minggu). Untuk keluhan dan pemintaan Bapak akan kami teruskan bersamaan dengan nomo laporan tersebut. Mohon kesediaannya untuk menunggu.

    Apabila terdapat hal lain yang ingin ditanyakan mengenai layanan JNE, silahkan menghubungi kami.


    Terima kasih.

    Best Regards,

    Fischa Vibriani
    E-Care | Customer Service Backline Department
    JNE Express
    Jl. Tomang Raya No. 11 Jakarta Barat
    Tel. (+62 21) 2927 8888
    connecting happiness

    itu pesan dari CS JNE...sampai tulisan ini dibuat barang belum juga saya terima.... wassalam biar publik yang menilai kualitas pelayanan JNE

    BalasHapus
  15. Payah udah 3 kali kiriman Saya Hilang semua tidak ada Kejelasan

    BalasHapus
  16. gua kirim hape. harga 3jt. eh malah ilang. kamfret dah

    BalasHapus
  17. Barang saya di nyatakan hilang oleh JNE , padahal sdh di janjikan mau kirim ulang , pas tau isi paketnya apa di nyatakan hilang oleh JNE , saya berencana mau lapor polisi saja ke JNE tujuan , karena ada indikasi di curi oleh oknum gudang jne

    BalasHapus
  18. Saya juga sangat kecewa sekali sama jne saya saranin jangan pakek JNE sudah banyak kasus barang hilang barang rusak barang ah parah ni JNE !!!!

    BalasHapus
  19. saya baru saja mengalami kejadian tidak menyenangkan dari JNE. Sy pesan barang online dan dikirim via JNE. harusnya hari senin kemarin sudah sampai, tp sampai sekarang belum sy terima. sy langsung tlp kantor JNE terdekat di wilayah sy utk cek keberadaan barang sy, eh dengan enaknya CS.nya bilang barang sudah terkirim dengan note kurirnya ditaruh ke centelan gerbang. Kok bisa-bisanya ya ngasal naruh? harusnya sesuai prosedure dong. kemarin pas sy telpon pun alasannya miss location, kalau toh kurirnya bingung ya telpon dong. kok geblek bgt ya.

    BalasHapus
  20. Wah wah, jne jadi jelek gini ya, kayak kalo barang mahal colong aja sama yg jaga di jne, toh ganti ruginya cuman 10× biaya kirim doang

    BalasHapus
  21. Aki nyesel sudah pakai JNE harusnya pake JNT atau kantor pos aja. Pelayanan buruk barang gk tau kemana harusnya saya yg marah ini CS nya malah ngegas ke saya terus barang saya ke mana sama siapa?..
    Kecewa banget.!

    BalasHapus
  22. jjne tidak recomended...parah..sya kirim paket dari medan ke bandung estimasi 3 hari sampai dari tracking barang sudah ada dibandung tpi sampai 1 minggu tidak ada konfirmasi smpai. setelah bolak balik tanya ke customer carenya ternyata paket dinyatakan hilang. isi paket laptop hdd external 1 tera modem senilai lebih kurang 4 jta. diganti jne tnggal 9 januari 2019 dengan biaya 10 x ongkir 180 x 10=1.8 jt. pengiriman paket 06-11-2018. keluh kesah orang kecil...

    BalasHapus
  23. .barang saya kenapa belom sampai juga . ..mana kerja sama dan tanggung jawabnya JNE .

    BalasHapus
  24. Saya ingin memanyakan perihal barang saya, dimana dari sistem saya chek atas resi nomer 140830018632619 sudah diterima oleh bu timah, pada hari kamis, sedangkan bu timah ( penjaga kos saya) tidak merasa terima barang. dan sampai srkng saya BELUM TERIMA BARANG TERSEBUT.

    Hari ini tanggal 24 Maret 2019, saya telfon call center dan saya menanyakan posisi barang terakhir saya ada dimana, call center bilang “ tidak terjejak pada sistem “ - hanya tertulis barang sudah sampai pada tgl 21 Maret 2019 jam 10.00.

    yg saya heran kenapa anda pihak call center tidak bisa menjejak terakhir kali posisi barang saya ada dimana, seharusnya sistem kalian merecord barang saya ada dimana.

    saya hanya ingin tahu posisi barang saya ada dimana ? dengan saya tahu posisi barang saya ada dimana saya bisa minta nomer telfon dan menjejak kurirnya yg nganter siapa?

    -mohon untuk segera ditindak lanjuti, karena saya pihak customer merasa sangat dirugikan!



    BalasHapus
  25. sama nih, barang saya kirim tgl 1, sudah seminggu blm sampai ke costumer, d chek tracking sudah sampai dgn penerima tidak d kenal pd tgl 2,, sedangkan tgl 5 kurir nya sms ke saya minta no tlp / nama lain yg bisa d hubungi, lah ini gimana toh jne semakin ngaco, masa laporan terkirim tgl 2, kurir sms ke saya tgl 5 minta no tlp/ nama lain yg bs d hubungi?
    kurir jne suka asal2 an, d sms ga di bales2 nyesel pake jne

    BalasHapus
  26. Saya sudah kurang percaya dengan JNE,, barang yang saya pesan dan dikirim lewat JNE HILANG kemungkinan telah di ambil dan di gelapkan oleh karyawan JNE tersebut.. 1stengah bulan di tunggu tak kunjung datang akhirnya pihak JNE tlp dan mengatakan kiriman paket anda telah HILANG waduh, seperti ini kah cara JNE memuaskan pelanggan..

    BalasHapus
  27. no more JNE
    jelek amat service nya

    BalasHapus
  28. JNE KALO GA BISA GANTI RUGI ATO TANGGUNG JAWAB SAMA BARANG HILANG MENDING TUTUP AJA... TIDAK MEMUASKAN... BEGO.. SOK GAYA KITA DISURUH ISI CLAIM TAPI SAMPE SEKARANG NIHIL TIDAK ADA TANGGUNG JAWAB NYA,, MOGA CEPAT BANGKRUT

    BalasHapus
  29. Pelayanan yg sangat buruk sekali ya ini JNE, paket saya dari tanggal 16 mei sudah di inbound sub kuningan, tapi sampe sekarang belum sampe juga ke rumah saya. Udah bolak balik nanyain ke jne nya jawabannya aneh aneh, ada yg jawab udah sama kurir lah, masih di gudang cirebon lah, barang overload dan males nyarilah. Dan sampe sekarang setelah seminggu yg lalu ngirim email ke cs, dan dengan gampangnya ada jawaban suruh nelfon ke CS, bangs*t kenapa gak langsung saja nelfon ke cs. Setelah saya nelfon ke cs dan harus ke proses klaim, dengan syarat yg macam macam seperti foto ktp, buku tabungan dll, malesin anjay. Dan harus nunggu lagi sampe 9 hari kedepan belum termasuk hari libur, parah pisan

    BalasHapus
  30. jne tidak recommended banget. saya mengirim barang dari medan ke bandung, nyatanya orang bandung melihat paket saya dengan keadaan kosong, alias hilang. dari segi packingan saya sudah beda dari apa yang sudah sampai dibandung, dan tidak bertanggung jawab atas kehilangan paket saya.

    BalasHapus
  31. Masa Sekelas JNE SOP kalah dengan JNT / SiCepat, tanggung jawabnya juga ga manusiawi, Barang hilang (HP) cuma diganti ongkir 10x. 10x15.000 = 150.000

    BalasHapus
  32. proses klaim berbelit2 bilang aja g mau ganti, dari proses investigasi terlalu panjang,jne jakarta dan kota asal kurang koordinasi,sudah hampir 2 bulan blm diganti jg klaim saya....

    BalasHapus

Posting Komentar